728x90 AdSpace

  • Latest News

    Minggu, 17 Desember 2023

    Berty Diah, Notaris Muda Memimpin Ekonomi Kreatif Jawa-Tengah.

     




    SEMARANG (mediasurabayarek.net) - Jawa-Tengah akan memiliki lokomotif ekonomi kreatif di kalangan anak-anak muda berbentuk Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional atau Gekraft Jawa-Tengah.

    GEKRAFS merupakan organisasi yang menitik beratkan pada gerakan perjuangan dan menyuarakan kepentingan para pelaku industri kreatif. Gekrafs didirikan pada tahun 2018 oleh lima founder yaitu : Kawendra Lukistian, Laja Lapian, Yanti Adeni, Erwin A Soerjadi dan Sandiaga Uno yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina DPP GEKRAFS.

    Menurut nomenklatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang termasuk ekonomi kreatif adalah jenis usaha atau profesi/pekerjaan yang termasuk di antaranya :

    (1).Pengembang Permainan (2) Arsitektur ; (3).Desain Interior ; (4).Musik;

    (5).Seni Rupa ; (6). Desain Produk; (7). Fesyen ; (8).Kuliner ; (9). Film, animasi dan video ; (10). Fotografi ; (11). Desain Komunikasi Visual ; (12). Televisi dan Radio ; (13). Kriya ; (14). Periklanan ; (15). Seni Pertunjukan ; (17).Penerbitan ; (18). Aplikasi

    Organisasi ini juga diketahui sebagai inisiator ditetapkannya Hari Ekonomi Kreatif Nasional oleh pemerintah, melalui perjuangan panjang selama 15 bulan, di mana akhirnya tanggal 24 Oktober oleh pemerintah atas persetujuan DPR RI ditetapkan sebagai Hari Ekonomi Kreatif Nasional.

    Berdasarkan informasi dari DPP Gekrafs, diberitakan bahwa per tanggal 24 Oktober 2023, telah diberikan Surat Keputusan DPP Gekrafs kepada Berty Diah Rahmana sebagai Ketua Formatur dengan kewenangan membentuk kepengurusan DPW GEKRAFS Jawa-Tengah.

    Sosok  Berty Diah Rahmana sendiri dikenal sebagai Notaris/Pejabat Pembuat AKta muda yang  juga memiliki beberapa usaha terkait ekonomi kreatif. Di antaranya tempat nongkrong dan makan anak-anak muda Semarang yaitu GulDip (Gule Diponegoro) yang terletak di Jalan Pemuda No. 11 Semarang.

    Seperti diketahui GulDip diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada tanggal 14 September 2023.

    Selain di bidnang kuliner  Berty Diah juga memiliki usaha social media design and consultant yaitu Essential, yang didirikan bersama 3 orang rekannya.

    Sebuah Cafe n Lounge bernama Aperio di bilangan pusat kota Semarang yang akan launcing di pertengahan Desember 2023 juga diketahui sebagian sahamnya dimiliki oleh  Berty.

    "Hanya saham kecil he.he.he, bersama beberapa  teman yang memiliki saham lebih majority atau lebih besar dibanding saya," papar  Berty.

    "Ya, pastinya yang utama buat saya adalah Kantor Notaris, setelah itu baru yang lain," tutur Berty saat ditanya usaha mana yang paling prioritas.

    Berty mengemukakan bahwa dia dan teman teman pelaku ekonomi kreatif sangat yakin bahwa Gekrafs yang dibesutnya akan membawa kemajuan bagi perkembangan ekonomi kreatif di Jawa-Tengah.

    "Kami yakin Gekrafs akan menyuarakan kepentingan teman teman kreatif. Apalagi setelah audiensi dengan PJ Gubernur Jawa-Tengah Bapak Nana Sudjana kemarin. Beliau menyampaikan bahwa ekonomi kreatif masuk dalam program kerja beliau dan beliau juga mengarahkan agar Gekrafs bisa bersinergi dan melakukan kolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa-Tengah. Kami siap mendukung dan mensosialisasikan program-progam pemerintah provinsi. Do'akan ya," tutupnya. (red)




















    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Berty Diah, Notaris Muda Memimpin Ekonomi Kreatif Jawa-Tengah. Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas