728x90 AdSpace

  • Latest News

    Senin, 28 Agustus 2023

    PERAKES Cetak Advokat Handal dan Profesional

     




    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -  Perkumpulan Pengacara Berkeadilan Sejahtera (PERAKES) mencetak advokat -advokat yang handal dan profesional untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum.

    Ketua Umum PERAKES  Mudji Rahardjo SH MH  menyatakan, pihaknya serius untuk mencetak para advokat handal dan profesional nantnya.

    "Guna terwujudkan advokat profesional, salah satu upaya PERAKES adalah mengadakan kerjasama dan penandatangan nota kesepahaman atau  MoU (Memorandum of Understanding) dengan universitas-universitas," ucapnya.

    PERAKES yang berdiri sejak tahun 2020 tersebut, telah memiliki anggota sekitar  80 orang. Mereka ini tersebar di  di Jawa-Timur, Jawa-Barat dan Jawa-Tengah.  

    Anggota PERAKES ini dipastikan akan terus bertambah banyak dan meningkat tajam nantinya. Kegiatan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dengan tenaga-tenaga profesional, praktisi, dan berpengalaman akan mencetak advokat handal dan profesional yang mampu menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat akan advokat yang profesional nantinya.

    "Kami sudah selesai menyelenggarakan PKPA dan akan menggelar acara penyumpahan pada 30 Agustus 2023 mendatang. Prosesi acara penyumpahan Advokat sebanyak 20 orang akan dilangsungkan di Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya," ujar Mudji Rahardjo SH MH 

    Dengan adanya penyumpahan advokat di PT ini, dipastikan jumlah anggota  PERAKES akan terus bertambang banyak nantinya. Dan sudah pasti kualitas advokat yang dihasilkan akan handal dan profesional untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum nantinya.

    "Kita menunggu dari univesitas-universitas yang untuk meminta dilakukannya PKPA nantinya," ucap  Mudji Rahardjo SH MH .


                                       


    Tidak sekadar untuk terus meningkatkan jumlah anggota PERAKES, namun juga memikirkan pentingnya pengabdian kepada masyarakat. Wujud nyatanya adalah dengan membuka LBH (Lembaga Bantuan Hukum) di setiap universitas yang diajak kerjasama oleh PERAKES.

    Hal ini sejalan dengan visi dan misi PERAKES untuk mengembangkan dan mencerdaskan masyarakat Indonesia , khususnya mereka yang belum mengerti tentang hukum (awam hukum-red) dan membantu jika terjadi masalah hukum bisa menyelesaikan sendiri, dengan dibantu LBH di tiap-tiap universitas," kata Mudji Rahardjo SH MH .

    Peranan dari LBH akan lebih dioptimalkan lagi dengan melakukan sosialisasi tentang masalah hukum yang lagi marak terjadi di masyarakat. Salah satunya adalah sosialisasi tentang Undang-Undang ITE (Informasi Teknologi dan Elektronik) di sekolahan-sekolahan, baik Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di daerah-daerah.

    Ini mengingat, para siswa begitu mudahnya mengakses internet melalui handphone (HP) miliknya. Bahkan banyak siswa yang mengirimkan gambar-gambar yang tidak sopan atau kurang baik dari segi kesusilaan. 

    Dampaknya sudah bisa ditebak, tidak sedikit para siswa yang tidak bijaksana dalam memanfaatkan Hp-nya, akhirnya berurusan dengan masalah hukum. 

    "Untuk rencana sosialisasi kepada para siswa sekolah itu akan diserahkan pada LBH masing-masing. Akan ditangani oleh LBH di universiats masing-masing," ungkap  

    Rencana sosialisasi diserahkan LBH masing-masing, dan akan ditangani oleh LBH dari universiats masing-masing. 

    Dilanjutkan Mudji Rahardjo SH MH, PERAKES pada tahun ini juga memiliki program  mengadakan Paralegal ke  daerah-daerah , khususnya di kecamatan-kecamatan  yang tersebar di Jawa-Timur.

    "Sekarang ini tengah  melakukan kerjasama dan penandatanganan nota kesepahaman MoU (Memorandum of Understanding) dengan 4 (empat) Universitas," tukas Mudji Rahardjo SH MH

    Keempat universitas itu adalah Universitas Teknologi Surabaya (UTS), Universitas Kamarudin Gresik, Universitas Muhammadiyah Gresik dan UNSURI. 

    "Sekarang ini sedang digodok, dan akan melakukan MoU dengan Kepala Daerah. Paralegal hanyalah melakukan pendampingan di Kepolisian," tandasnya. (ded).







    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: PERAKES Cetak Advokat Handal dan Profesional Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas