728x90 AdSpace

  • Latest News

    Jumat, 28 Januari 2022

    BPJS Kesehatan Permudah Layanan , Cukup Pakai NIK

     


    SURABAYA (mediasurabayarek.com) - BPJS Kesehatan  Cabang Surabaya melakukan selalu berusaha  mempermudahkan layanan kepada masyarakat, kali ini  cukup menggunakan NIK peserta sudah bisa dilayani jika berobat di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama.

    Demikian diungkapkan oleh Kepala Bidang Kepersertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Surabaya Wiedho Widiantoro didampingi oleh Kepala Bidang Penjaminan BPJS Kesehatan Cabang Surabaya kepada sejumlah media massa di kantornya, Kamis (27/01/2022).

    Wiedho Widiantoro menyatakan, pihaknya  senantiasa mempermudahkan layanan cukup menggunakan NIK peserta. Hal ini tidak berbeda saat menggunakan kartu BPJS Kesehatan sebelumnya. 

    “Jika sebelumnya, untuk berobat masyarakat harus menunjukkan kartu Askes, JKN atau KIS, namun sekarang cukup pakai NIK. Maka kini masyarakat cukup membawa e-KTP-nya, sudah bisa dilayani,” ucap Wiedho Widiantoro.

    Menurut Wiedho , NIK atau e-KTP itu sebelumnya adalah sebagai identitas sekunder namun saat ini menjadi identitas utama. Kini kartu BPJS Kesehatan menjadi identitas sekunder, hal ini suatu langkah untuk mengecek data jika tidak ditemukan.

    “Dalam database kita, nomor kartu (BPJS Kesehatan) tersebut tetap ada, selain NIK peserta. Yang dulu banyak peserta askes, jamkesmas tidak ada kewajiban untuk mengisi NIK. Namun kini dalam era BPJS, nomor NIK itu dipergunakan,” ujar  Wiedho Widiantoro.

    BPJK Kesehatan mengharapkan, NIK  sebagai identitas peserta JKN-KIS ini lebih mudah, cepat dalam mengakses dalam layanan. 

    Hal ini akan  memudahkan peserta BPJS cukup membawa KTP dan menyebutkan nomor NIK tersebut. Langsung bisa dilayani jika berobat di Puskesmas.

    Upaya mempermudah layanan masyarakat dan pihak BPJS Kesehatan saat ini memberikan fasilitas, yaitu aplikasi mobil JKN, yang dilengkapi Fiture yang cukup komplit.

    Tak hanya dilengkapi  Kartu Elektronik, skrining riwayat kesehatan covid19. Bahkan premi pembayaran dan ketersediaan kamar di RS maupun Fasilitas.

    Kini, lanjut Wiedho, ada program pembayaran bertahap. Dulunya, ada program relaksasi, bila melakukan pembayaran angsuran pertama langsung kartu BPJS langsung aktif.

    Kalau pembayarab bertahap, bisa membayar setengahnya. jikalau dibayar lunas, baru akyif. Untuk mengetahui kartu aktif atau tidak, nisa dicek di Mobile JKN. Diperkirakan ada 160 ribu peserta yang menunggak pembayaran dan total nilainya mencapai miliaran rupiah. (ded/kus)


    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BPJS Kesehatan Permudah Layanan , Cukup Pakai NIK Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas